Wednesday 1 October 2008

Idul Fitri, jangan maen kembang api..!!

Idul fitri 1429 H di indonesia jatoh pada tanggal 1 Oktober 2008. tapi, 4 hari sebelumnya, setiap abis beduk isya pasti ada bunyi-bunyi bising. bunyi nya : "nguuiiinnggg blesshh.. nguing blessh blesshh.. " [lho?? suaranya kayak mobil yang bannya pecah. wkwkwkwk]. yaa intinya, bunyi itu adalah bunyi KEMBANG API . bahkan kadang-kadang bunyi nya "duuuuaaarrr" ya tak lain dan tak bukan adalah PETASAN. dan itu sangat mengganggu banget. wew..

Sebenernya, kalo dipikir-pikir, nyalain kembang api ato petasan itu gak guna banget deh. apalagi ampe ngeganggu orang, contohnya afa. Ditambah, nyalainnya pas lagi bulan Ramadhan dan di 10 TERAKHIR BULAN RAMADHAN. kenapa?? karena, sperti yang saya alamin sendiri, ibadah jadi gak konsenn...!! sholat biasa tanpa suara berisik gitu aja sering gak khusyuk, apalagi ada bunyi "nguing-nguing" begitu?? jadi tambah susah deh ngedapetin "lailatul qadr". kadang-kadang saya suka mikir.. "anak-anak itu pada gak sholat apa,ya?? duitnya banyak banget ampe mau dihabisin buat petasan n kembang api yang cuma dibakar doang?". o iya, belom lagi risiko kebakaran. siapa tau aja ada orang yang mudik. trus rumahnya ditinggal. eh,, anak-anak disitu maen petasan yang gak sengaja ngebakar tuh rumah kosong. akhirnya, paling tuh anak-anak cuma bisa nangis atau cengengesan tapi gak bisa ganti rugi rumah orang yang terbakar itu. kan kesian yang jadi korban keawaman mereka.

jadi, kalo dipikir-pikir lagi, kayknya petasan dan kembang api sebaiknya gak perlu kita mainkan lagi. For your information (FYI) aja, itu bukan suatu ritual yang harus dilakukan menjelang lebaran.

saran saya sih [untuk mencegah] jangan ngasih anak kecil maen kembang api. kenapa?? karena, biasanya anak kecil suka nagih. trus kalo keinginannya gak dipenuhin ngambek deh. walhasil biar gak ngambek dikasih ama ortunya. akhirnya terbiasa buang-buang duit ampe gede.

O iya, lebaran taon ini afa n keluarga gak mudik kemana-mana. pengennya sih di jakarta aja. abis, orang pada mudik. jakarta sepi,deh. horee.. hehehhee..

3 comments:

comments